Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome - santosolusi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome

Santosolusi.com - Meningkatnya kebutuhan informasi membuat banyak orang bergantung diberbagai macam browser internet. Sebagai pengguna platform internet kita harus pinter membedakan mana browser aman untuk dijelajahi dan mana yang memiliki sumber virus berbahaya untuk smartphone.

Pengertian Google Chrome

Salah satu penjelajah browser paling populer di dunia adalah produk dari google yang bernama Chrome. Google Chrome adalah peramban web yang dirilis pada 14 tahun yang lalu (2008) yang beroperasi di sistem microsoft windows hingga berkembang sampai dapat diakses berbagai sistem technology salah satunya adalah di Android sendiri. 

Berbagai mesin penjelajah browser tentu tidak luput dari dua aspek ini yakni memiliki kelebihan dan kekurangan. Santosolusi.com bakal mengulas sedikit mengenai dua aspek tersebut terhadap mesin browser milik Google (Google Chrome) berdasarkan judul artikel ini Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome.

Kelebihan Google Chrome

1. Keamanan

Dari segi keamanan peramban ini sudah tidak diragukan lagi, kalian tidak akan mengakses website atau link yang terdapat malware virus berbahaya. Why? Karena Google Chrome otomatis memberitahukan bahwasanya "situs yang anda akses tidak aman" selain itu juga terdapat di kolom pencaharian Chrome gambar gembok. Ketika situs tidak menampilkan gambar gembok maka situs yang anda akses kurang aman sehingga adanya larangan untuk membagikan identitas penting kepada website kunjungan anda.

Selain itu, terdapat fitur yang dapat dipakai untuk menyembunyikan riwayat pencarian, cookies, atau formulir otomatis yaitu mode penyamaran.

2. Fitur Lengkap

Google Chrome juga melengkapi berbagai fitur yang dapat digunakan secara GRATIS bahkan fitur ini secara langsung membantu pengguna dalam mengakses peramban jenis ini.

Pertama, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya kalian dapat mengaktifkan mode penyamaran untuk menyembunyikan riwayat pencaharian. Tentu fitur ini membantu kerahasiaan kita pada saat menggunakan perangkat hp teman.

Kedua, Google Chrome juga menyediakan fitur bahasa /translate untuk memudahkan pembaca membaca artikel yang berbahasa inggris dan bahasa lain tanpa translate satu persatu. Teks artikel otomatis diterjemahkan ke bahasa yang  diinginkan.

Ketiga, fitur ini sangat membantu buat anda yang malas/capek mengetik karena Google Chrome menyediakan fitur "Voice Search" kalian tinggal klik gambar microfon maka secara otomatis sistem Chrome akan merekam apa yang anda ucapkan.

Keempat, Dapat mengubah ukuran font teks artikel sampai 2X lebih besar dari ukuran font standar Chrome. Jadi fitur ini sangat bermanfaat untuk semua kalangan masyarakat. Cara mengaktifkan: masuk ke setelan < aksesibiltas < atur ukuran font teks

Kelima, kamu juga dapat mencoba fitur lain yang tidak dijelaskan diatas yah sob, mulai dari tema chrome dan fitur lainnya.

3. Performa

Berdasarkan pengalaman Google Chrome memang performanya sangat cepat bahkan ketika anda mengetik, peramban ini akan dengan cepat memberikan referensi saran topik pencaharian banyak yang diakses pengguna gadget. Ini juga dibenarkan dari berbagai sumber terpercaya bahwa kecepatan/performa Google Chrome lebih speed daripada search engine lainnya.

4. Sistem Dukungan Operasi

Google Chrome sudah termasuk peramban terpopuler di Dunia dan kelebihan terakhir yang kami sampaikan adalah sistem dukungan chrome sudah mencakup luas, seperti di Windows, MacOS, Linux, Chrome OS, dan perangkat ponsel Android serta iOS.

Kekurangan Google Chrome

1. Segi Tampilan

Dari segi tampilan Google Chrome memberikan tampilan yang bersih tanda ada tayangan iklan. Namun beberapa bulan terakhir ini di bagian "home page" Chrome sudah menampilkan satu iklan banner melayang dan kadang setiap menutup web yang dikunjungi terdapat iklan. Hal ini termasuk kekurangan Google Chrome tapi tidak terlalu mengganggu pengguna.

2. Boros Kuota Internet

Berbagai sumber informasi terpercaya mengklaim bahwa Google Chrome menghemat kuota internet dibandingkan browser jenis lainnya. Namun dari segi pengalaman untuk versi santosolusi.com ternyata Google Chrome tidak menghemat kuota internet sama sekali. Hal ini tergantung dari banyaknya artikel yang kita baca setiap hari.

Why? Setiap artikel memiliki tayangan iklan yang kapasitasnya cukup berat bahkan kadang dalam satu artikel terdapat 3 sampai 5 tayangan iklan. Nah dari sinilah kuota akan tersedot terlalu banyak. Mungkin ini salah satu kekurangan Google Chrome versi santosolusi.

3. Penyimpanan Memori

Google Chrome terbilang cukup boros dalam segi penyimpanan memori karena terlalu banyaknya file history/trash files, sehingga performa Chrome akan berpengaruh dari jenis gadget yang anda gunakan. Namun, tak perlu khawatir cara alternatif yang bisa anda gunakan ketika ram memori terbatas ialah dengan membersihkan sampah history di pengaturan agar aplikasi Chrome kembali seperti baru lagi.

Kesimpulan

Setiap peramban web tentu tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan yang sudah kami sebutkan sebelumnya, itulah beberapa ilmu informasi yang kami sebutkan dari judul Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome. Semoga membantu dan jangan lupa baca artikel santosolusi.com lainnya.

Post a Comment for "Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome"