4 Cara Ngecek Pinjaman Online Legal atau Ilegal - santosolusi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Ngecek Pinjaman Online Legal atau Ilegal

4 Cara Ngecek Pinjaman Online Legal atau Ilegal

Santosolusi.com - Keberadaan aplikasi pinjaman online (pinjol) jaman modern ini memang sangat membantu masyarakat menengah dalam menjalankan usahanya, dikarenakan proses pinjaman tidak sesulit dengan melakukan pinjaman di Bank yang butuh banyak berkas dan waktu yang lama. 

Hal yang wajib diketahui masyarakat adalah setiap penyelenggara pinjaman online harus mendapatkan legalitas dari pemerintah agar tidak ada pihak yang dirugikan. Oleh karenanya aplikasi atau penyedia pinjol wajib terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Sebagai masyarakat awam bagaimana cara membedakan atau mengetahui mana pinjaman online ilegal dan legal? Sebelum santosolusi memberikan 4 cara ngecek legalitas pinjaman online legal atau ilegal. kami sudah berangkum beberapa 3 ciri-ciri penyelenggara pinjol ilegal berdasarkan dari sumber terpercaya.

1. Penawaran Pinjaman Online Melalui SMS/WhatsApp. Harus lebih cerdas dalam mengoperasikan internet jangan mudah percaya dari promosi spam, contohnya adalah spam lewat sms atau chat lewat whatsapp. Kalau anda menemukan kiriman sebuah tawaran pinjol melalui ciri-ciri ini maka jangan percaya yah sob itu hanya modus pelaku penipuan. 

2. Bunga, denda dan biaya tambahan yang cukup tinggi. Kalau menemukan pinjol yang memiliki syarat: bunga yang tinggi, denda dan biaya tambahan yang sangat tinggi maka jangan meneruskan untuk melakukan pinjman tersebut karena tidak ada pinjol legal yang merugikan pihak tertentu, hal seperti ini termasuk paksaan dan tidak sesuai aturan pinjaman legal pemerintah indonesia yang berlaku.

3. Penagih Tidak Manusiawi. Ciri-ciri pinjol ilegal yang ketiga ini adalah dalam proses penagihan pinjaman mereka menggunakan orang-orang yang tidak beretika, bahkan melecehkan pihak peminjam ketika belum bisa membayar tagihan.

Selain ketiga ciri-ciri diatas kami juga memberikan beberapa cara mudah mengecek apakah pinjaman online tersebut aman, legal untuk digunakan supaya tidak mengalami kerugian. Sebab maraknya pinjaman online membuat kita bingung mana sih yang legal dan legal, oleh karenanya penting banget anda gunakan cara ini dan tentunya GRATIS.

1. Melalui Aplikasi WhatsApp

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan mengeceknya lewat aplikasi whatsapp karena sudah diyakinkan kalian pasti sudah punya akun whatsapp. Caranya sangat mudah, kalian tinggal menghubungi nomor kontak resmi WhatsApp Otoritas Jasa Keuangan [ 081-157-157-157 ] kirimkan pesan dengan format nama aplikasi pinjaman online yang ingin dicek legalitasnya.

2. Cek Melalui E-mail

Cara kedua cek pemeriksaan pinjaman online legalitasnya adalah dengan menghubungi OJK melalui via e-mail di alamat "konsumen@ojk.go.id. Kalian tinggal kirimkan pesan seperti cara pertama.

3. Cek Melalui Situs Web OJK

Kalian tinggal buka browser, google crome sejenisnya. kemudian buka laman reski OJK untuk ngecek status legalitas suatu aplikasi pinjaman online. Caranya sangat mudah, tulis di kolom pencaharian browser kamu www.ojk.go.id kemudian setelah terbuka pilih menu IKNB dan klik Fintech.
Halaman ini akan menampilkan daftar terbarullllllllll penyelenggara fintech lending berizin OJK atau platform pinjaman online legal.

4. Telepon Langsung OJK

Cara terakhir untuk mengetahui pinjol ilegal atau legal dengan menghubungi OJK secara langsung alias menelfon pihak OJK pemerintah. Kalian bisa menghubunginya di nomor telepon 157.

Kesimpulan

Untuk melakukan pinjaman online anda harus belajar mengenai prosedur pinjol yang benar/legal karena ketika ceroboh anda akan mengalami kerugian dari okum penipuan. Why? Sekarang maraknya oknum pinjol ilegal yang membuat masyarakat sulit untuk membedakan mana yang sah dan tidak. Jangan sampai anda calon korban selanjutnya. Itulah 4 cara cek pinjol untuk memastikan legalitasnya melalui OJK pemerintah, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for " 4 Cara Ngecek Pinjaman Online Legal atau Ilegal"