3+ Jenis Kerusakan Kipas Angin Dan Cara Memperbaikinya 2022 - santosolusi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

3+ Jenis Kerusakan Kipas Angin Dan Cara Memperbaikinya 2022

3+ Jenis Kerusakan Kipas Angin Dan Cara Memperbaikinya 2022
Sumber Ilustrasi: pixabay.com
kipas angin sudah menjadi kebutuhan utama kita sehari-hari karena khusus kita yang tinggal di Indonesia tentu di siang hari sampai sore hari selalu merasakan panas yang sangat luar biasa. 

Namun bagaimana jika kipas angin anda tiba-tiba rusak dan tidak tahu penyebabnya? Tentu anda membawanya ke tempat service. Tetapi buat anda yang mau memperbaiki kipas anginnya tentu anda harus belajar terlebih dahulu. Untuk kali ini saya akan menjelaskan kerusakan & cara memperbaiki kipas angin.

Baiklah, sebenarnya ada beberapa jenis kerusakan pada kipas angin yang perlu diketahui. Diantaranya ada yang tidak bisa berputar baling-balingnya tetapi ada suara getar, ada yang baling-balingnya berputar namun gerakannya lambat, kipas angin berputar tetapi suara berisik dan ada juga yang mati total.

Santosolusi akan menjelaskan satu persatu penyebab kerusakan tersebut serta cara memperbaikinya;

1. Baling-baling tidak Berputar Tetapi ada Suara Getaran.

Kerusakan seperti ini sebenarnya memiliki beberapa penyebab sehingga anda harus mengecek/memperbaikinya secara bertahap.

Pertama, kemungkinan poros baling-balingnya terdapat kotoran (debu) yang sudah banyak menempel sehingga baling-baling susah untuk berputar. Tetapi kalau terlihat aman-aman saja maka anda pindah ke cara kedua yakni periksa kapasitornya.

Letak kapasitor kipas angin biasanya berada di belakang dinamonya dan berwarna hitam. Silahkan anda copot terlebih dahulu kemudian periksa menggunakan multimeter apakah kapasitornya masih bagus atau sudah rusak.

Kalau sudah rusak maka silahkan ganti lalu cek kembali apakah baling-balingnya sudah berfungsi. Tapi Santosolusi yakin ketika anda menggantinya dengan yang baru maka baling-balingnya akan berputar secara normal.

2.Baling-Baling Kipas Angin Lambat Berputar.

Kipas angin yang jika digunakan gerakan baling-balingnya terasa lebih lambat meskipun sudah ganti kecepatannya maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kapasitornya.

Kenapa harus kapasitor? Karena jika ingin dicerna lebih mudah sebenarnya fungsi kapasitor di sini adalah suatu kekuatan. Jadi ketika baling-balingnya berputar lambat maka yang harus diperhatikan adalah tenaganya.

Sama halnya ketika anda lari pagi kecepatan lari anda akan stabil tetapi ketika di tengah perjalanan mungkin kecepatan lari anda menurun kenapa? Karena kekurangan energi. Sama halnya dengan kipas angin, maka langkah yang harus anda lakukan adalah seperti cara sebelumnya. 

3. Kipas Angin Berputar Tetapi ada Suara Berisik.

Ketika kipas angin dinyalakan tetapi ada suara berisik tentu hal ini disebabkan oleh baut-baut pengikat yang sudah longgar. Jadi solusinya adalah dengan memberikan pelumas pada poros dan bantalannya. Mudah bukan? 

4. Kipas angin mati total.

Penyebab terakhir ini adalah kipas angin anda memang tidak berdaya tidak ada sama sekali pergerakan dari baling-balingnya dan tidak ada suara getaran sama sekali, kemungkinan besar penyebabnya adalah thermofuse-nya. 
Tapi anda jangan langsung mengklaim bahwa itu adalah penyebabnya, kita harus mengeceknya secara berkala.

Pertama, periksa dulu kabel-kabelnya mungkin saja kabelnya sudah rusak. Kalau terlihat baik-baik saja maka langkah selanjutnya adalah membuka dinamonya karena di dalam dinamo terdapat thermofuse yang harus anda periksa. 

Apa itu thermofuse? Thermofuse adalah sekring kipas angin. Jadi ketika kipas angin digunakan secara berlebihan maka lilitan yang ada di dalam dinamo itu akan semakin panas. Oleh karena itu disinilah peran thermofuse untuk mencegahnya.

Caranya bagaimana? Kaki thermofuse akan secara otomatis terputus. Oleh sebab itu langkah yang harus anda lakukan adalah periksa thermofusenya. Namun ketika anda ingin cek thermofusenya usahakan berhati-hati Karena ada lilitan kawat di dalam dinamo yang sangat tipis.

Silahkan periksa menggunakan multimeter, kalau thermofusenya rusak silahkan ganti dengan kapasitor baru. Setelah itu cek apakah sudah berfungsi kalau belum berhasil silahkan cek lagi di bagian kapasitornya kemungkinan besar itu juga penyebabnya. Karena meskipun listrik sudah tersambung tetapi kapasitornya yang rusak tentu kipas angin anda belum bisa berfungsi. 

Bagaimana apakah anda sudah tahu gejala kerusakan serta cara memperbaikinya kipas angin?  Namun jika anda ingin belajar secara praktek bisa cari di platform video. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "3+ Jenis Kerusakan Kipas Angin Dan Cara Memperbaikinya 2022"