Perbedaan Antara Format Font OTF dan TTF

 


santosolusi.com -  Ketika kamu mendownload sebuah font dari situs penyedia font seperti dafont atau situs lain kamu pasti akan mendapatkan 2 format font ketika diesktrak. Kamu pasti bingung bukan format mana yang akan di install di laptop kamu.

Berbicara soal font, kamu tau gak sih kalau sebuah font memiliki 2 jenis format /ekstensi yang berbeda, yaitu

  1. OTF (OpenTypeFont)
  2. TTF (TrueTypeFont)
OTF dan TTF adalah ekstensi yang menunjukkan bahwa file tersebut adalah font, yang dapat digunakan untuk memformat dokumen maupun desain. TTF (TrueTypeFont)  adalah ekstensi font dalam versi yang lebih lama, sedangkan OTF relatif lebih baru yang pada dasarnya dibuat dari format TTF.

1.OTF (OpenTypeFont .oft)

OTF (OpenTypeFont) adalah file yang dibuat oleh Adobe dan Microsoft. font ini dikembangkan dari format PostScript dan dan TruType yang seluruhnya dapat diskalakan,dalam artian font dapat diubah ukurannya tanpa kualitas yang berkurang . OpenType dapat didukung oleh OS mac OS x dan juga Windows 7  keatas.

Kelebihan:

  • Bisa Menyimpan  lebih dari 65000 karakter
  • mendukung fitur pengaturanhuruf yang lebih canggih 
  • ukuran file lebih kecil
  • kemampuan menambahkan tanda tangan digital
  • dukungan lintas platform yang baik

2.TTF (TrueTypeFont  .tft)

font ini dibuat oleh Apple dan Microsoft pada tahun 1980an sebagai pesaing PostScript yang dikembangkan oleh Apple. True TypeFont adalah font paing umum digunakan di windows untuk membuat karakter yang dapat dibaca di printer.

Kelebihan:

  • Gampang dipasang
  • dapat dipakai diberbagai versi OS
  • Support untuk aplikasi semacam word
Kesimpulan

Nah berikut tadi penjelasan mengenai perbedaan OTF dan TTF. singkatnya format TTF adalah format yang paling basic yang biasa digunakan untuk aplikasi pengetikan dokumen semacam word dan lain-lain, sedangkan OTF biasa digunakan untuk kebutuhan editing karena fiturnya yang didukung lintas platform dan juga support karakter yang berbagai macam.