Ngeblog Untuk Penghasilan atau Hobi?





santosolusi.com - Karena semakin banyak orang yang mengenal Internet, popularitas blog terus meningkat. Setelah dianggap sebagai jalan yang sempurna untuk mengekspresikan sudut pandang atau opini seseorang, sekarang mereka menyediakan sejumlah besar informasi yang secara khusus ditargetkan untuk audiens. Banyak blog diperbarui setiap hari, dan digunakan sebagai cara untuk membantu mempromosikan bisnis dan ide.

1.Memulai Blog



 Langkah pertama dalam memulai sebuah blog adalah menentukan dengan tepat informasi apa yang akan dibagikan. Sangat penting untuk memulai dengan ide yang solid, dan berusaha untuk membuat konten sedetail mungkin. Blog harus berbeda dari yang lain agar menonjol dari semua blog yang ada, dalam kategori apa pun. Subjek blog harus tentang informasi yang membuat Anda dan membuat orang lain terpesona. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi secara rutin, pada subjek yang Anda pilih, maka situs blog mungkin tidak memberikan hasil yang Anda inginkan.


2.Menentukan Niche yang Tepat



Pertama-tama Anda harus menentukan dengan tepat jenis blog apa yang akan Anda miliki, dan jumlah halaman yang akan ditampilkan. Biasanya, situs blog akan memiliki beranda, di mana setiap posting yang baru saja diperbarui akan ditampilkan. Proses perencanaan harus mencakup dengan tepat jenis konten apa yang akan Anda peroleh, tulis, atau buat. Penting untuk tidak pernah menyimpang jauh dari tujuan awal blog.

 

3.Memproduksi Konten



Blog yang sukses dimulai dengan fondasi yang baik dari konten berkualitas tinggi. Karena Anda tertarik dengan subjeknya, Anda bisa mulai menulis materi blog, atau mengembangkan video. Cobalah untuk menghasilkan setidaknya 10 artikel berbeda yang diposting untuk blog sebelum meluncurkan situs.


4.Desain Blog yang Menarik



Banyak situs blog menawarkan dasbor gratis dan editor teks yang memudahkan untuk membuat blog Anda sendiri. Anda memiliki kemampuan untuk memilih warna, ukuran font, jenis font, dan gambar atau gambar latar belakang. Ingat saat mengembangkan blog, audiens target Anda akan melihat persis apa yang Anda buat. Sangat mungkin untuk mendesain seluruh blog dan memperbarui posting pertama Anda hanya dalam beberapa jam. Namun bisa juga membeli template yang sudah ada seperti medium UI, Linkmagz dll.


5.Mempromosikan Situs



Cara lain orang akan tahu bahwa situs blog itu ada adalah dengan mempromosikannya. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara termasuk menggunakan media sosial. Anda dapat mempromosikan situs blog Anda melalui akun Facebook, akun Twitter, dan bahkan di IG. Ada banyak komunitas blog yang tidak melakukan apa-apa selain mempromosikan situs blog yang didedikasikan untuk topik tertentu.


6.Update Artikel Tiap Hari



Sampai Anda mendapatkan audiens yang besar, Anda mungkin perlu memperbarui situs blog Anda sekali sehari. Saat situs menjadi lebih populer, Anda dapat meningkatkan posting harian menjadi lebih dari sekali sehari, atau mengurangi jumlahnya menjadi hanya satu atau dua kali seminggu. Berdasarkan jenis konten, dan audiens target, Anda dapat dengan mudah mendapatkan lebih banyak pengunjung dengan menawarkan konten yang bernilai.

Situs blogging adalah jalan dua arah. Izinkan setiap pengunjung untuk berpartisipasi dalam proses dengan mengizinkan mereka meninggalkan komentar.