Cara Mengatasi dan Mencegah Komputer Hang


Cara Mengatasi Komputer Hang

Pernahkah kamu mengalami komputer kadang-kadang hang-up, atau mungkin melakukan boot ulang sendiri tanpa alasan yang jelas. Hal ini dapat mengganggu, dan dapat kehilangan kerjaan atau karya yang sedang kamu buat.

Jika ini terjadi sekali, maka peluang untuk menjelaskan penyebabnya sangat kecil. Jika Problem ini terjadi secara berulang kali dan teratur, maka mudah bagi kamu untuk menemukan dan memperbaiki masalah tersebut. Sehingga kita dapat mengatasi dan mencegah komputer hang.

Dengan sebagian besar komputer modern, sistem dilengkapi dengan sirkuit bawaan untuk memantau keadaan komputer. Salah satu pemeriksaan yang dibangun ke dalam sistem Anda adalah untuk menguji suhu pengoperasian. Komputer mungkin mati jika ini bergerak di luar rentang operasi yang diinginkan.

Penyebab Komputer Hang

Ada Banyak Faktor yang menyebabkan Komputer Hang, Faktor Hardware dan juga software.Faktor Software bisa terjadi karena penumpukan file sampah dan lain-lain. Disisi Hardware bisa terjadi karena debu yang menghambat sirkulasi udara didalam casing sehingga menyebabkan overheating. 

  1. Overheating. Salah satu penyebab komputer over heating adalah tersumbatnya sirkulasi udara akibat debu yang menempel disekitar heatsink/kipas menyebabkan fan macet.
  2. RAM Penuh. Memori menjadi peran penting untuk menjalan berbagai macam aktifitas dalam sistem komputer.Pastikan RAM cukup jika kamu akan menginstall berbagai macam aplikasi dengan konsumsi RAM yang cukup tinggi.
  3. Hardisk Bermasalah. Hardisk juga merupakan komponen yang sangat penting dari sebuah komputer yang juga dapat menyebabkan hang. Hal ini biasanya terjadi akibat Hardisk yang full dan banyaknya file-file sampah maupun hdd bad sector.
  4. Driver Tidak cocok. Driver yang tidak kompatible juga dapat menyebabkan komputer error.pastikan driver yang diinstal sesuai dengan OS yang bekerja pada  komputer

Cara Mencegah Komputer hang

Ada beberapa hal yang dapat kamu periksa sendiri yang dapat Mencegah komputer hang dan menghemat biaya jika dibawa ke service center:

  1. Pastikan Sirkulasi Udara Didalam Casing Lancar
  2. Agar sistem Anda berjalan pada suhu pengoperasian yang benar, penting agar udara bersirkulasi dengan bebas di dalam dan di sekitar casing. Jika casing komputer Anda terpasang di dalam enklosure, ini mungkin hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk diubah. Demikian pula, saya telah melihat komputer dipenuhi dengan buku, manual, dan dokumen kertas. Ini sekali lagi dapat menghalangi sirkulasi udara, dan barang-barang ini harus dikeluarkan.

  3. Bersihkan Ventilasi Berlubang Disisi Casing
  4. Lihatlah ventilasi berlubang di sisi casing. Slot ini dapat terhalang oleh akumulasi debu. Karena komputer biasanya selalu mengambil daya, ia memiliki muatan elektrostatis yang konstan. Komputer adalah yang kedua setelah penyedot debu dalam kemampuannya menyedot debu dan bulu. Mengambil penutup casing juga akan menunjukkan penumpukan debu di dalam komputer. Berhati-hatilah saat menghilangkan timbunan debu dari komponen internal. Ini mungkin paling baik dilakukan dengan sikat artis lembut atau kaleng aerosol udara terkompresi.

  5. Pastikan Heatsink bersih dari debu
  6. Selanjutnya, lihat kipas pendingin internal. Komputer modern biasanya memiliki kipas pendingin yang bertengger di atas prosesor. Kipas ini harus bersih dari debu, dan beroperasi dengan bebas, tanpa suara gesekan yang jelas, saat komputer beroperasi. Tidak apa-apa untuk memulai komputer dengan penutup casing dilepas, berhati-hatilah agar tidak menyodok sesuatu ke dalam berbagai komponen. Juga akan ada kipas pendingin di dalam atau dipasang ke catu daya. Ini lagi-lagi harus bebas dari debu dan berjalan bebas. Beberapa komputer mungkin juga memiliki kipas casing tambahan. Ini akan disekrup di atas salah satu ventilasi kotak berlubang, dan biasanya dijalankan dari kabel yang terhubung ke papan induk. Tidak semua mesin memiliki kipas casing terpisah, tetapi jika ada, kipas itu ada karena suatu alasan. Terapkan pemeriksaan yang sama untuk kipas ini.

Namun Bagaimana Cara Mengatasi Komputer yang Hang?


Jika kamu sudah melakukan upaya diatas untuk mencegah komputer hang namun tidak berhasil, tidak masalah. Hal ini  wajar karena banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Nah untuk itu saya sudah menyiapkan beberapa cara mengatasi komputer hang buat kalian semua:

Mengatasi Komputer Hang

  • Forced Close Aplikasi yang tidak digunakan
Untuk melakukannya, kamu bisa Menekan tombol Ctrl+Alt+Del untuk membuka fitur task manager

task manager

  • Bersihkan File-File Sampah
Cara berikutnya kamu bisa clean up Hardisk kamu dengan menekan tombol windows+ R lalu ketik "clean" atau kamu bisa klik kanan pada penyimpanan lalu properties. Disana ada option Disk Cleanup untuk membersihkan cache dan file-file sampah.

 Disk Cleanup
  • Memasang Driver yang Cocok Dengan Komputer
Untuk mengetahui driver yang cocok kitya dapat menggunakan Driver Easy atau DVD Driver Pack Solution
  • Shutdown Paksa Komputer 
Yah mungkin ini termasuk cara yang lumayan kasar tetapi kamu bisa melakukannya jika terpaksa. Caranya cukup mudah dengan menekan tombol power dan menahannya selama 5 detik makakomputer akan mati. Hidupkan kembali komputer anda dan semoga masalah hang bisa teratasi.

Demikian tutorial menganai Cara Mengatasi dan Mencegah Komputer Hang, saya akan update artikel ini jika ada cara-cara lain dalam mengatasinya. Kalian boleh menambahkan komentar dan sharing tentang mengatasi komputer dikolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.