Sejarah Singkat Bahasa C++ dan Strukturnya




C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup di Bell Laboratories selama periode mulai tahun 1979. Karena C++ adalah upaya untuk menambahkan fitur berorientasi objek (ditambah perbaikan lainnya) dari C, sebelumnya disebut sebagai "C dengan Objek". Sebagai bahasa yang dikembangkan, Stroustrup menamakannya dengan C++ pada tahun 1983. Nama C++ menunjukkan "C bertambah" (ingat ++ adalah operator increment C).

C++ baru tersedia di luar Bell Laboratories pada tahun 1985. Kompiler C++ komersial pertama, Cfront, dirilis pada tahun 1985, kompiler front-end untuk C. American National Standard Institute (ANSI) membentuk komite untuk (deskripsi yang tepat dari bahasa komputer) C++, pada tahun 1989. Rancangan standar pertama diterbitkan pada tahun 1995.

C++ adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang dikembangkan sebagai peningkatan dari bahasa C untuk memasukkan paradigma berorientasi objek. Ini adalah bahasa yang penting dan dikompleks . C++ adalah bahasa tingkat menengah yang menjadikannya keunggulan pemrograman tingkat rendah (driver, kernel) dan bahkan aplikasi tingkat tinggi (game, GUI, aplikasi desktop, dll.). Sintaks dasar dan struktur kode C dan C++ adalah sama.

Beberapa fitur & poin penting yang perlu diperhatikan tentang bahasa pemrograman adalah sebagai berikut:

Sederhana: Ini adalah bahasa sederhana dalam arti bahwa program dapat dipecah menjadi unit dan bagian logis, memiliki dukungan perpustakaan yang kaya dan berbagai tipe data.

Mesin Independen tapi Platform Dependent: Sebuah C++ yang dapat dieksekusi tidak platform-independen (program yang dikompilasi di Linux tidak akan berjalan di Windows), namun mereka independen mesin.

Bahasa tingkat menengah: Ini adalah bahasa tingkat menengah karena kita dapat melakukan pemrograman sistem (driver, kernel, jaringan, dll.) dan membangun aplikasi pengguna skala besar (Pemutar Media, Photoshop, Mesin Game, dll.)

Dukungan perpustakaan yang kaya: Memiliki dukungan perpustakaan yang kaya (Baik standar ~ struktur data bawaan, algoritme, dll.) serta perpustakaan pihak ketiga (mis. Meningkatkan perpustakaan) untuk pengembangan yang cepat dan cepat.

Kecepatan eksekusi: Program C++ unggul dalam kecepatan eksekusi. Karena, ini adalah bahasa yang dikompilasi, dan juga sangat prosedural. Bahasa yang lebih baru memiliki fitur bawaan tambahan seperti pengumpulan sampah, pengetikan dinamis, dll. yang memperlambat eksekusi program secara keseluruhan. Karena tidak ada overhead pemrosesan tambahan seperti ini di C++, ini sangat cepat.

Penunjuk dan Akses Memori langsung: C++ menyediakan dukungan penunjuk yang membantu pengguna untuk memanipulasi alamat penyimpanan secara langsung. Ini membantu dalam melakukan pemrograman tingkat rendah (di mana seseorang mungkin perlu memiliki kontrol eksplisit pada penyimpanan variabel).

Berorientasi Objek: Salah satu poin terkuat dari bahasa yang membedakannya dari C. Dukungan Berorientasi Objek membantu C++ untuk membuat program yang dapat dipelihara dan diperluas. yaitu aplikasi skala besar dapat dibangun. Kode prosedural menjadi sulit untuk dipertahankan seiring bertambahnya ukuran kode.

Bahasa yang Dikompilasi: C++ adalah bahasa yang dikompilasi, berkontribusi pada kecepatannya.

Pengaplikasian C++

Sistem Operasi & Pemrograman Sistem. misalnya OS berbasis Linux (Ubuntu dll.)
Browser (Chrome & Firefox)
Aplikasi grafis dan game   (Photoshop, Blender, Unreal-Engine)
Basis Data (MySQL, MongoDB, Redis, dll.)
Cloud/Sistem Terdistribusi

Struktur Bahasa C++


Struktur program C++, sama seperti struktur program C yang terdahulu. Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, setiap fungsi terdiri dari satu atau beberapa pernyataan yang melaksanakan tugas tertentu.

Bentuk Umum :


Contoh :



Langkah- Langkah Menuliskan program dalam dev c++

  • Buka Dev c++ terlebih dahulu, jika belum punya bisa download 


Tampilan Awal Dev C++

  • Tulis source code program bahasa C++.
  • Source code C++ dapat ditulis pada Dev C++.
  • Kompile program dengan cara ketik fn+f9.
  • Kemudian save dengan ekstensi .cpp.
  • Run hasil compile dengan ketik fn+f10.



    Sumber : Sejarah_Pemrograman_C_dan_Perkembangannya